Beranda Tentang Kami Pelayanan Download Hubungi Kami Indonesia English

Tim PTRM

UPT. Puskesmas Kuta I

Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL)
 

Rabu, 11 Oktober 2012r PadAnak Dengan Zinc

Saat ini sedang marak kasus tuntutan hukum terhadap pengguna narkotika. Diantara pro dan kontra jenis dan masa hukuman pengguna narkotika, pemerintah mengeluarkan sebuah angin segar bagi para pengguna narkotika yang memiliki keinginan untuk mengikuti terapi, yaitu Undang-Undang Wajib Lapor. Undang-Undang Wajib Lapor disahkan melalui Peraturan Pemerintah No.25 Tahun 2010 Tentang Pelaksanaan Wajib Lapor Bagi Pecandu Narkotika. Selain itu lewat Surat Keputusan Menteri Kesehatan Nomor: 1305/MENKES/SK/VI/2010 dilakukan penunjukan Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL).


Wajib lapor adalah kegiatan melaporkan diri yang dilakukan pecandu narkotika yang cukup umur atau keluarganya, dan orang tua atau wali dari pecandu narkotika yang belum cukup umur kepada institusi penerima wajib lapor untuk mendapatkan pengobatan dan perawatan melalui rehabilitasi medis dan rehabilitasi sosial.


Institusi Penerima Wajib Lapor adalah pusat kesehatan masyarakat,rumah sakit, dan lembaga rehabilitasi medis serta lembaga rehabilitasi sosial yang ditunjuk pemerintah. Adapun Institusi Penerima Wajib Lapor salah satunya untuk di daerah Kabupaten Badung adalah Program Therapi Rumatan Methadon (PTRM) UPT. Puskesmas Kuta I dengan alamat Jalan Raya Kuta No. 117, telp. (0361) 751311, website: www.puskesmaskutasatu.com, email: info@puskesmaskutasatu.com
.


Bagi anda yang peduli terhadap keluaga atau kerabat yang terjerumus dalam masa kelam Narkoba mari berikan perhatian anda dengan melapor. Kegiatan ini berniat mengembalikan para pecandu narkoba untuk dapat hidup lebih sehat dan produktif bukan untuk memenjarakan atau menghukum. Adapun Kegiatan Pelaksanaan Wajib Lapor Pecandu Narkotika di PTRM UPT. Puskesmas Kuta I dilaksanakan pada jam kerja (pada hari Senin – Kamis : jam08.30 WITA s/d 13.00 WITA dan hari jumat-sabtu jam 08.30 WITA – 12.00 WITA). Kegiatan Wajib Lapor ini bersifat *RAHASIA dan GRATIS*. Bagi yang telah melaporkan diri atau dilaporkan akan diberikan Kartu Lapor diri setelah menjalani asesmen.


Adapun landasan undang-undang dari IPWL ini antara lain; UU Nomer 35/2009 tentang narkotika yang mencantumkan ancaman hukuman berat bagi produsen, penyimpan, dan pengedar narkotika. Bahkan hingga ancaman hukuman penjara seumur hidup atau hukuman mati.


Sementara itu, Pasal 55, UU Nomer 35/2009 mewajibkan kepada pecandu narkotika yang sudah cukup umur atau orangtua/wali dari pecandu narkotika yang belum cukup umur untuk melapor kepada pusat kesehatan masyarakat (puskesmas), rumah sakit, dan/atau lembaga rehabilitasi medis dan rehabilitasi sosial yang ditunjuk oleh pemerintah, untuk mendapatkan pengobatan dan/atas perawatan melalui rehabilitasi medis dan sosial.


Selain itu, landasan lainnya, Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 2011 Tentang Pelaksanaan IPWL, serta SK Menkes Nomor 1305/2011 Tentang IPWL, yang menujuk 129 Fasilitas Kesehatan di bawah Kementrian Kesehatan (Kemkes) dan dua fasilitas BNN.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pemerintah Kabupaten Badung
Dinas Kesehatan

UPT. Puskesmas Kuta I

Jl. Raya Kuta No. 117, Badung, Bali, Indonesia
Telp. (0361) 751311, Fax. (0361) 764735
Email: info@puskesmaskutasatu.com