Beranda Tentang Kami Pelayanan Download Hubungi Kami Indonesia English

Oleh:
Ni Putu Retna Dhammastuti, Amd.Keb

Editor & Layout:
Tim Web UPT.Puskesmas Kuta I

LATIHAN FISIK UNTUK KEBUGARAN TUBUH c
 

Selasa, 20 September 2016 DiaradAnak Dengan Zinc

Tahukah Anda, bahwa dengan melakukan latihan fisik, Anda dapat meningkatkan kebugaran tubuh Anda? Sebenarnya apa pentingnya melakukan program latihan fisik? Berikut adalah informasi mengenai program latihan fisik dan apa saja yang bisa dilakukan.
            Masyarakat sekarang ini semakin banyak melakukan latihan fisik dan olahraga Terlihat dengan makin banyak sarana umum seperti lapangan, taman dan di jalan – jalan melakukan latihan fisik terutama di hari libur. Hal ini menandakan bahwa,  sebenarnya masyarakat kita sudah sadar akan manfaat yang didapat dari latihan fisik yaitu untuk kesehatan dan menjaga kebugaran tubuh. Latihan fisik harus dilakukan dari usia balita sampai dengan lansia. Ada istilah bugar sepanjang hayat dan olahraga merupakan kontrak seumur hidup, yang berarti berlatih fisik dapat dilakukan oleh siapa saja.

Manfaat latihan fisik dan olahraga dapat dikelompokan berdasarkan usia :
a. Usia Anak Sekolah dan Remaja :

  • Pertumbuhan jaringan muskuloskeletal (tulang, otong dan sendi) 
  • Pertumbuhan sistem kardiovaskular yang sehat (Jantung dan paru-paru) 
  • Perkembangan neuromuskuler (Koordinasi dan kontrol gerakan) 
  • Mempertahankan berat badan yang sehat 
  • Kontrol kecemasan, depresi, kepercayaan diri dan interaksi sosial yang positif 

b. Usia Dewasa :

  • Mempertahankan tubuh yang ideal
  • Meningkatkan dan mempertahankan kebugaran 
  • Mempertahankan postur 
  • Mencegah penyakit tidak menular

c. Usia Lansia :

  • Peningkatan kesehatan tulang 
  • Mandiri 
  • Fungsi kognitif yang baik 
  • Keterbatasan peran (sosial) 

        Sebaiknya  sebelum berlatih fisik, kita harus mengetahui level kebugaran kita dengan cara melakukan pemeriksaan kebugaran, setidaknya tes kebugaran jantung paru. Dengan mengetahui level kebugaran maka akan diketahui dosis latihan yang tepat sehingga kita aman, tidak overtraining dan manfaat dari latihan fisik tersebut itu dapat maksimal.
Setelah mengetahui pentingnya melakukan program latihan fisik, sekarang waktunya Anda untuk melakukan praktiknya. Yuk, baca terus ke bawah dan ikuti gerakan-gerakannya!


1. Latihan Daya Tahan Tubuh
Biasakan untuk melakukan jogging selama 40-60 menit dengan berbagai variasi kecepatan. Selain bertujuan untuk menambah tingkat daya tahan otot, latihan ini juga dapat menambah daya tahan kardiovaskuler. Tujuan dari latihan ini adalah agar Anda mampu melakukan gerakan cepat dalam waktu lama, stabil, dan konsisten.


2. Latihan Kekuatan
Latihan beban memang terbukti sangat efektif untuk meningkatkan kekuatan. Sebelumnya, lakukan gerakan push up, pull up, back up, squat rush, dan squat jump lalu lanjutkan dengan proses latihan menggunakan beban yang sebenarnya. Agar diingat untuk tidak loncat-loncat di tempat yang permukaannya keras karena akan menyebabkan cedera pada tulang kering dan tungkai.


3. Latihan Kecepatan
Dalam latihan kecepatan, bentuk latihan yang dapat diterapkan antara lain adalah shuttle run atau lari bolak-balik dengan jarak minimal 6 meter. Kualitas latihan bisa ditingkatkan dengan penambahan beban dan rintangan. Sprint jarak pendek dengan intensitas tinggi juga sangat efektif untuk diterapkan dalam latihan kecepatan.

4. Latihan Kelenturan
Agar dapat menunjang tubuh Anda untuk dapat bergerak lincah, mengubah arah, berbalik arah secara tiba-tiba, dan juga supaya tidak rentan cedera pada bagian persendian dan otot, latihan kelenturan harus diterapkan di dalam program latihan fisik Anda. Cukup dengan melakukan perenggangan yang benar seperti di antaranya mencium lutut, sikap lilin, yoga, dan lain-lain.



Nah, setelah Anda mengetahui informasi tentang pentingnya melakukan program latihan fisik serta jenis latihan apa yang dapat Anda lakukan, yuk mulai lakukan program latihan fisik untuk kebugaran tubuh Anda! Selamat memiliki tubuh yang bugar!

Sumber: Balai Kesehatan Olahraga Masyarakat Kemenkes RI

 

 

 

             

 

Pemerintah Kabupaten Badung
Dinas Kesehatan

UPT. Puskesmas Kuta I

Jl. Raya Kuta No. 117, Badung, Bali, Indonesia
Telp. (0361) 751311
Email: info@puskesmaskutasatu.com