Beranda Tentang Kami Pelayanan Download Hubungi Kami Indonesia English

 

Oleh:
dr. A. A. Istri Murwitha P. A.

Editor & Layout:
dr. A.A. Gde Putra Semara Jaya

Diet Sehat Diabetes
 

Jumat, 15 Januari 2010

Penyakit kencing manis atau dalam bahasa medis dikenal dengan diabetes mellitus adalah penyakit yang timbul akibat peningkatan kadar gula (glukosa) dalam darah. Penyakit ini menyebabkan berbagai macam komplikasi, diantaranya : penyakit jantung koroner, stroke, katarak, dan lain-lain.

Jika anda menderita diabetes (kencing manis) maka tubuh anda tidak mampu meproduksi insulin dalam jumlah yang cukup atau tidak mampu memanfaatkan insulin yang ada dengan baik. Hal ini mengakibatkan peningkatan kadar gula darah. Pola makan yang tepat akan membantu mempertahankan kadar gula darah dalam batas normal, atau menurunkan kadar gula darah. Pengaturan pola makan adalah salah satu hal penting dalam penatalaksanaan penyakit diabetes. Kadar gula darah yang terkontrol akan mengurangi resiko timbulnya komplikasi akibat kencing manis.

Prinsip utama dari diet untuk penderita kencing manis adalah:
• Batasi makanan manis
• Makan lebih sering, dengan porsi lebih sedikit
• Lebih berhati-hati dg kapan dan berapa banyak karbohidrat yang anda konsumsi
• Lebih banyak mengkonsumsi makanan dari gandum, buah-buahan, dan sayuran
• Kurangi konsumsi makanan berlemak
• Hindari konsumsi alkohol

Berikut akan dijelaskan mengenai piramida makanan bagi pasien diabetes. Piramida makanan ini sebaiknya dijadikan pedoman dalam perencanaan pola makan bagi pasien diabetes.


Pada dasar piramida, anda dapat melihat jenis makanan roti gandum atau produk olahan gandum (breads/grains) dengan proporsi yang lebih besar daripada bagian lainnya. Hal ini berarti jenis makanan ini dapat dikonsumsi dalam porsi yang lebih besar daripada jenis makanan lainnya. Karena jenis makanan ini mengandung karbohidrat kompleks yang merupakan sumber energi tinggi. Banyaknya karbohidrat yang sebaiknya anda konsumsi dalam sekali penyajian adalah :
• 1 lembar roti gandum
• ½ cangkir nasi
• 1 cangkir cereal (gandum) instant
Jenis makanan ini dapat anda konsumsi sebanyak 6-11 kali penyajian dalam sehari.

Kelompok terbanyak kedua adalah kelompok buah-buahan dan sayuran. Kelompok makanan ini rendah lemak dan sodium, serta mengandung banyak serat. Dalam sekali penyajian, jumlah sayuran dan buah yang sebaiknya dikonsumsi adalah :
• 1 cangkir sayuran mentah yang berupa dedaunan
• ½ cangkir sayuran jenis lain, baik mentah atau dimasak.
• 1 butir apel/jeruk/pisang berukuran sedang
• ½ cangkir buah kalengan atau buah potong
• ¾ cangkir jus buah
Kelompok makanan ini dapat dikonsumsi sebanyak 3-5 kali dalam sehari, dengan catatan jus buah yang dikonsumsi sebaiknya dibatasi kandungan gulanya.

Kelompok selanjutnya adalah kelompok makanan yang mengandung protein, diantaranya: kacang-kacangan, telur, daging, dan ikan. Jenis makanan ini selain mengandung protein juga mengandung zat besi, dan zinc. Piramida makanan menunjukkan bahwa kelompok makanan ini sebaiknya disajikan 2 sampai 3 kali dalam sehari, dengan takaran setiap kali penyajian sebagai berikut :
• 2-3 ons daging atau ikan
• 1 butir telur
• ½ cangkir kacang kedelai
• 1/3 cangkir kacang tanah

Kelompok yang setara jumlahnya dengan kelompok protein adalah produk olahan susu dan keju. Produk olahan ini mengandung protein, vitamin, dan mineral terutama kalsium. Piramida makanan menunjukkan jenis makanan ini sebaiknya dikonsumsi sebanyak 2-3 kali penyajian. Apabila anda wanita hamil, menyusui, atau berumur dibawah 24 tahun sebaiknya mengkonsumsi sebanyak 3 kali penyajian. Disarankan untuk mengkonsumsi susu skim (rendah lemak), serta hindari produk olahan keju atau susu yang mengandung lemak tinggi seperti es krim.

Pada puncak piramid, terdapat kelompok makanan berlemak dan makanan manis. Hal itu berarti jenis makanan ini harus dikonsumsi dalam porsi yang paling kecil. Jenis makanan yang termasuk dalam kelompok ini adalah : minyak, mentega, krim, soft drink, permen, serta kue-kue yang manis.

Dengan mengikuti pola makan sesuai dengan piramida makanan diatas, maka anda sudah dapat membantu dokter dalam upaya untuk menurunkan kadar gula darah anda. Tetapi yang harus anda perhatikan adalah bahwa jumlah makanan yang anda konsumsi tergantung pada jenis kelamin, jenis aktivitas, dan berat badan anda.

Sumber: www.lifeclinic.com

 

Pemerintah Kabupaten Badung
Dinas Kesehatan
UPT. Puskesmas Kuta I

Jl. Raya Kuta No. 117, Badung, Bali, Indonesia
Telp. (0361) 751311, Fax. (0361) 764735
Email: info@puskesmaskutasatu.com