Beranda Tentang Kami Pelayanan Download Hubungi Kami Indonesia English

 

Oleh:
dr. Putu Jerry Eka Rahayu P.

Editor & Layout:
dr. A.A. Gde Putra Semara Jaya

Persiapan Puskesmas Mengikuti CPPc
 

Kamis, 4 Maret 2010 Diare PadAnak Dengan Zinc

UPT. Puskesmas Kuta I ditunjuk mewakili Kabupaten Badung dalam rangka mengikuti Lomba Citra Pelayanan Publik (CPP) tahun 2010. Lomba tersebut akan diadakan pada tanggal 9 Maret 2010. Untuk menghadapi lomba CPP tersebut UPT. Puskesmas Kuta I di bawah bimbingan Dinas Kesehatan Kabupaten Badung dan Pemkab Badung telah melakukan berbagai persiapan.

Dalam tahap persiapan ini, pelayanan yang telah berjalan dengan baik selama ini terus ditingkatkan. Peningkatan kualitas pelayanan dengan memaksimalkan pemanfaatan sarana dan prasarana yang ada, meningkatkan kemampuan serta profesionalisme sumber daya manusia yang ada, meningkatkan disiplin dan etos kerja, menata lebih baik sistem administrasi dan meningkatkan kenyamanan bagi pengunjung yang datang ke UPT. Puskesmas Kuta I dengan menciptakan lingkungan puskesmas yang bersih dan nyaman.

Dengan persiapan yang telah dijalani oleh UPT. Puskesmas Kuta I diharapkan dapat memenuhi segala prinsip dalam penyelenggaraan pelayanan publik yang baik sehingga meningkatkan kepuasan pasien yang secara tidak langsung akan memberi pengaruh yang besar kepada kesembuhan pasien

 

PENYELENGGARAAN PELAYANAN PUBLIK

Berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63/Kep/M.Pan/2003 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik, pelayanan publik adalah segala kegiatan pelayanan yang dilaksanakan oleh penyelenggara pelayanan publik sebagai upaya pemenuhan kebutuhan penerima pelayanan maupun pelaksanaan ketentuan peraturan perundang-undangan. Penyelenggara pelayanan publik adalah instansi pemerintah.

Hakekat pelayanan publik itu sendiri adalah pemberi pelayanan prima kepada masyarakat yang merupakan perwujudan kewajiban aparatur pemerintah sebagai abdi masyarakat.

Asas pelayanan publik adalah transparansi, akuntabilitas, kondisional, partisipatif, kesamaan hak, dan keseimbangan hak dan kewajiban.

Terdapat beberapa kelompok layanan publik diantaranya kelompok pelayanan administratif, kelompok pelayanan barang dan kelompok pelayanan jasa.

Dalam memberikan layanan publik sendiri terdapat beberapa prinsip diantaranya: kesederhanaan, kejelasan, kepastian waktu, akurasi, keamanan, tanggung jawab, kelengkapan sarana dan prasarana, kemudahan akses, kedisiplinan, kesopanan dan keramahan serta kenyamanan.

.

             










































Pemerintah Kabupaten Badung
Dinas Kesehatan
UPT. Puskesmas Kuta I

Jl. Raya Kuta No. 117, Badung, Bali, Indonesia
Telp. (0361) 751311, Fax. (0361) 764735
Email: info@puskesmaskutasatu.com