Beranda Tentang Kami Pelayanan Download Hubungi Kami Indonesia English

Oleh:
dr. Ni Made Henie K. S.

Editor & Layout:
dr. A.A. Gde Putra Semara Jaya

Amankah Konsumsi Vitamin C Dosis Tinggi?c 
 

Rabu, 17 Februari 2010 PadAnak Dengan Zinc

Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang sangat berguna bagi tubuh manusia. Maka tidak mengherankan jika banyak iklan yang mempromosikan makanan dan minuman yang mengandung vitamin C. Segala sesuatu yang berlebihan akan tidak bagus, demikian halnya vitamin C. Vitamin sebenarnya hanyalah unsur pelengkap dan bukan kebutuhan pokok. Menu makanan seimbang yang dikonsumsi setiap hari sebenarnya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin, termasuk vitamin C. Kebutuhan tubuh per hari hanya 60 mg sampai 100 mg. Anak-anak memerlukan 35 mg setiap hari.

Vitamin ini memiliki banyak peran bila dosisnya tidak berlebih diantaranya sebagai antioksidan yang mampu menetralkan radikal bebas. Selain itu vitamin C berfungsi membentuk kolagen baru dimana struktur kolagen yang baik dapat menyembuhkan luka, patah tulang, memar, perdarahan kecil dan luka ringan serta membuat kulit tampak segar dan muda. Kekurangan vitamin C dapat mengakibatkan sariawan, gusi berdarah, mudah lelah, nyeri sendi, perdarahan di kulit, dan lain-lain.

Vitamin C juga dikenal sebagai asam askorbat. Karena termasuk dalam golongan asam maka bila dikonsumsi dalam dosis berlebih akan dapat menyebabkan gangguan pada lambung dan usus. Mengkonsumsi vitamin C dalam dosis tinggi dan jangka waktu yang lama dapat menyebabkan munculnya batu ginjal. Vitamin C yang sudah bercampur air akan terurai dan membentuk oksalat. Apabila oksalat-oksalat ini mengendap dan mengumpul maka akan terbentuk batu ginjal. Proses ini akan dipercepat dengan pola hidup yang tidak sehat. Vitamin C yang disuntikkan ke dalam tubuh juga mengalami hal yang sama, dimana vitamin ini akan cepat diserap dan sisanya tetap dikeluarkan oleh ginjal.

 

 

Pencegahan terbentuknya batu oksalat adalah dengan menerapkan pola hidup sehat diantaranya mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari, berolahraga secara teratur, tidak menahan kencing terlalu lama serta tidak terlalu sering mengkonsumsi vitamin C dosis tinggi.

 

Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Asam_askorbat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pemerintah Kabupaten Badung
Dinas Kesehatan
UPT. Puskesmas Kuta I

Jl. Raya Kuta No. 117, Badung, Bali, Indonesia
Telp. (0361) 751311, Fax. (0361) 764735
Email: info@puskesmaskutasatu.com