Beranda Tentang Kami Pelayanan Download Hubungi Kami Indonesia English
 
UNIT PELAYANAN  


LOKET DAN RUANG TUNGGU PASIEN

Unit loket UPT. Puskesmas Kuta I memberikan pelayanan pendaftaran pasien yang berkunjung. Pelayanan administrasi pasien didukung oleh Sistem Informasi Kesehatan (SIK) yang terkomputerisasi dan di back up juga secara manual.


 

POLIKLINIK UMUM

Pelayanan rawat jalan berpusat pada poliklinik umum. Pelayanan oleh dokter dan paramedis yang bekerja secara profesional dalam melayani pasien. Poliklinik umum dilengkapi dengan fasilitas elektrokardiografi (alat rekam aktivitas listrik jantung), nebulizer (alat penguap untuk pasien sesak dengan penyempitan saluran pernafasan), dan lainnya.


 

UNIT GAWAT DARURAT (UGD)



Pelayanan kegawatdaruratan oleh dokter dan perawat yang telah mendapat pelatihan kegawatdaruratan medis (Basic Life Support - Advance Life Support). Tersedia fasilitas penanganan jalan nafas, pernafasan, dan sirkulasi pada tahap awal sebelum pasien dikirim ke unit pelayanan yang lebih lengkap. Unit Gawat Darurat juga melakukan tindakan bedah minor, seperti insisi, eksisi, penjahitan luka, eksplorasi luka, cabut kuku, perawatan luka, dan laun sebagainya.


 

POLIKLINIK GIGI



Pelayanan diberikan oleh dokter gigi dan perawat gigi yang berpengalaman dalam pelayanan, seperti pemeriksaan, pengobatan, penambalan, pencabutan, pembersihan karang gigi, pembuatan gigi palsu lepasan, pembuatan alat perata gigi lepasan, dan tindakan lainnya.


 

POLIKLINIK INFEKSI MENULAR SEKSUAL



UPT. Puskesmas Kuta I menyediakan poliklinik khusus untuk infeksi menular seksual (IMS). Pelayanan kesehatan diberikan oleh dokter dan paramedis yang telah terlatih dalam bidang IMS. Poliklinik IMS juga menyediakan fasilitas pengambilan sampel duh tubuh untuk kemudian dilakukan pemeriksaan laboratorium. Kerahasiaan klien sangat terjamin.

 

 

POLIKLINIK RUMATAN METADONE



Poliklinik Rumatan Methadon UPT. Puskesmas Kuta I merupakan unit satelit Program Terapi Rumatan Metadon (PTRM) Sandat RSUP Sanglah Denpasar. Unit ini memberikan pelayanan substitusi/pengganti bagi klien yang menggunakan heroin suntik. Program ini bertujuan untuk harm reduction, dalam rangka mengurangi efek negatif penggunaan jarum suntik yang beresiko.


 

POLIKLINIK VCT RIJASA



UPT. Puskesmas Kuta I membuka Poliklinik Voluntary Counselling and Testing (VCT) Rijasa untuk melayani klien dengan kecurigaan menderita HIV/AIDS. Konseling diberikan oleh dokter dan paramedis yang sudah mendapatkan pendidikan dan sertifikat resmi sebagai konselor. Kerahasiaan klien sangat terjamin karena petugas bersikap profesional.





LABORATORIUM

Unit Laboratorium UPT. Puskesmas Kuta I memiliki tenaga analis yang terampil, dan mampu mengerjakan pemeriksaan laboratorium, antara lain: golongan darah, kadar gula darah, tes kehamilan, dahak untuk penderita TBC, darah lengkap/rutin, asam urat, HIV, narkoba, dan duh tubuh untuk pemeriksaan infeksi menular seksual. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan, kami bekerja sama dengan Laboratorium Klinik Nikki Medika.


 

RADIOLOGI

Unit Radiologi UPT. Puskesmas Kuta I sebagai unit pemeriksaan penunjang untuk membantu dokter dalam mendiagnosis pasiennya. Unit Radiologi dilengkapi dengan alat Rontgen dan mesin yang mampu mengolah film secara otomatis. Hasil pemeriksaan dibaca oleh dokter spesialis radiologi yang bekerja sama dengan UPT. Puskesmas Kuta I.


 

APOTEK

Unit Farmasi UPT. Puskesmas Kuta I memberikan pelayanan pemberian obat dengan sistem peresepan oleh dokter dilakukan secara terkomputerisasi. Pelayanan farmasi dilengkapi dengan alat penghancur elektronik untuk membuat puyer dan alat pengemas puyer elektrik. Dengan adanya bantuan alat tersebut, pelayanan farmasi diharapkan dapat dilaksanakan lebih cepat.


 

BALAI KESEHATAN IBU DAN ANAK (BKIA)

Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) terpusat di Gedung BKIA Abianbase. BKIA dilengkapi dengan pelayanan pasien umum, gigi, unit gawat darurat, poliklinik KIA/Keluarga Berencana (KB), laboratorium sederhana, ruang bersalin (VK), apotek, dan ruang rawat inap. Gedung BKIA terpisah dengan gedung induk puskesmas. UPT. Puskesmas Kuta I merupakan salah satu puskesmas mampu PONED (Pelayanan Obstetri dan Neonatologi Emergensi Dasar).


 

POLIKLINIK KESEHATAN IBU DAN ANAK (KIA) / KELUARGA BERENCANA (KB)

Poliklinik KIA/KB berada di gedung BKIA. Memberikan pelayanan pemeriksaan kehamilan (antenatal care), pasca persalinan (nifas), bayi baru lahir (neonatus), balita dan anak-anak, imunisasi ibu hamil dan bayi, kontrasepsi, dan lainnya.


 

RUANG BERSALIN (VK)

Kami memilki satu ruang bersalin di gedung BKIA, dilengkapi dengan dua tempat tidur (bed) pasien, satu tempat perawatan bayi baru lahir dengan perlengkapannya, peralatan dan perlengkapan kegawatdaruratan obstetri dan neonatal (emergency kit), serta fasilitas pendukung lainnya.


 

RUANG RAWAT INAP

BKIA dilengkapi dengan ruang rawat inap (RRI). RRI sementara hanya dimanfaatkan untuk perawatan pasca persalinan (nifas). RRI didukung oleh suasana lingkungan yang tenang dan nyaman, fasilitas kamar yang memadai, petugas kesehatan yang siaga selama 24 jam, fasilitas perawatan ibu pasca persalinan dan bayi baru lahir, serta fasilitas pendukung lainnya.

 

 

Pemerintah Kabupaten Badung
Dinas Kesehatan
UPT. Puskesmas Kuta I

Jl. Raya Kuta No. 117, Badung, Bali, Indonesia
Telp. (0361) 751311, Fax. (0361) 764735
Email: info@puskesmaskutasatu.com